“One Day Trip” Fukushima

Salah satu keuntungan yang kami dapatkan sejak tinggal di desa Tokai adalah program “One Day Trip” bagi warga asing. Program ini diselenggarakan oleh Tokai International Association.

Program ini diadakan 2x dalam setahun (Juni dan November). Pada bulan Juni 2019 kami belum bisa ikut karena Henokh masih kurang dari 6 bulan. Akan tetapi, trip pada bulan November 2019 boleh kami ikuti karena usia Henokh sudah 8 bulan lebih.

Suasana hati kami riang gembira karena bisa ikut trip ini ditambah lagi biaya yang dikeluarkan cuma ¥3.500/orang sudah termasuk transport, makan siang, dan tiket masuk ke tempat wisata. Biayanya sangat muraahhhhhhh sekaliiiiiiii. HAHAHA. (Mungkin program ini dapat subsidi dari pemerintah setempat).

Tujuan utama perjalanan ini adalah TSURUGA CASTLE.

Begini ringkasan singkat perjalanan ‘one day trip’ dengan membawa bayi. REMPONG adalah hal WAJIB dan kami selalu berusaha untuk menikmati kerempongan ini. hahaha

16 November 2019

  • Mempersiapkan kebutuhan bayi: Makanan instan (bukan mie instan yaaa…haha), cemilan bayi, popok, baju ganti, jaket, mainan, stroller, dll.
  • Kalau kebutuhan saya dan istri hanya botol minum dan cemilan ringan saja.

17 November 2019 (Hari H)

“Kondisi cuaca: Cerah, tidak berangin, dan suhu udara sekitar 12C”

07:15 JST : Berangkat dari rumah ke tempat perkumpulan di Tokai Community Center. Terpaksa naik taksi karena kalau jalan kaki sekitar 25 menit dan pasti telat.

07:30 JST : Bus berangkat sesuai jadwal. 

“Perjalanan kali ini diikuti oleh kurang lebih 50an peserta”

09:00-09:15 JST : Rest Area. Perlu diketahui bahwa apabila jalan-jalan dengan rombongan terutama dengan orang Jepang, maka waktu singgah di rest area adalah 15 menit. Apabila membutuhkan waktu lebih lama, WAJIB lapor ke koordinator di bus sebelum menuju toilet. Dan setelah selesai dari toilet, WAJIB lapor kembali ke koordinator.

09:15 – 10:30 JST : Selama perjalanan di bus, kami tidak begitu banyak berinteraksi dengan peserta disebalah, muka dan belakang karena berusaha untuk tetap berinteraksi dengan Henokh  supaya tidak bosan di perjalanan.

10:30 – 11.00 JST : Pemberhentian pertama. LAKE INAWASHIRO. Kami punya waktu 30 menit untuk menikmati pemandangan disekitar danau. Angin di sekitar danau  berhembus dengan sangat kencang dan kondisi ini membuat jadi sangat dingin untuk berlama-lama di tepi danau. Pemandangannya bagi saya biasa saja. Kalau mau foto pun, ada latar Mount Bandai yang puncaknya sudah tertutup salju. Tidak sampai 10 menit diluar, kami memutuskan untuk masuk ke dalam toko souvenir untuk menghangatkan diri dan sekedar melihat-lihat makanan khas apa saja yang ditawarkan. Disini kami memutuskan untuk membeli hiasan magnet kulkas.

11:30 -13:00 JST : Pemberhentian kedua. MAKAN SIANG. Kita berhenti di restoran Jepang (saya lupa nama maupun tempatnya). Restoran ini menawarkan sistem All You Can Eat. Banyak jenis makanan yang ditawarkan mulai dari hidangan pembuka, menu utama (ramen) dan hidangan penutup semuanya dapat dimakan sepuasnya.

Tips: Wajib memperhatikan jumlah makanan yang masuk saat melakukan trip adalah hal yang harus dilakukan untuk tidak mengganggu selama perjalanan nantinya.

13:40 – 15:45 JST : Pemberhentian Utama. TSURUGA CASTLE. 2 jam bukanlah waktu yang lama untuk mengelilingi benteng dan seluruh kompleksnya. Seperti benteng pada umumnya maka selalu dikelilingi oleh sungai buatan. Sebelum memasuki benteng, kita diajak untuk mengunjungi salah satu rumah teh, tempat untuk menikmati teh. Ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan kalau mau mencobanya (lupa berapa harganya tapi tidak sampai ¥1.000). Setelah dari situ, kita masuk ke dalam benteng.

Tidak ada eskalator atau lift didalam benteng, hanya menggunakan tangga”

Karena hanya ada tangga, maka tugas Henokh harus saya gendong. Strollernya tidak bisa masuk, tapi ada tempat penitipan barang baik itu stroler, koper kecil dll. Tempat penitipannya hanya berupa stand kosong tanpa penjaga, jadi langsung ditaruh aja disana. Jepang relatif aman, jadi kami tidak perlu terlalu khawatir. (Kalau sampai strollernya hilang, behhhhhh… ada yang nangis2 kali yaakkk..LOL)

Bagi peminat sejarah, pastinya wajib membaca setiap penjelasan yang diberikan di setiap sudut bangungan. Bagi yang hanya mau foto, langsung aja deh naik ke lantai 5 dan lihat pemandangan kota dari ketinggian. Hahahaha.

Bagi saya, tentunya membaca bagian demi bagian adalah pilihan yang saya ambil walaupun tidak bisa terbaca semuanya karena keterbatasan waktu. Setelah saya rasa cukup memahami sejarah clan dari generasi ke generasi, saya melanjutkan naik ke atas untuk melihat pemandangan kota. 

Lagi-lagi saya takjub dengan susunan tata kotanya

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15:15 dan saatnya turun menuju toko oleh-oleh. Banyak pilihan souvenir yang ditawarkan mulai dari gantungan kunci, makanan, hiasan, dll. Harganya pun relatif terjangkau.

Sebelum masuk ke bus, hal utama yang harus dilakukan adalah mengganti popok bayi. Jepang merupakan negara yang ramah akan anak bayi sehingga hampir disetiap tujuan wisata ada nursery room dan toilet yang menyediakan tempat mengganti popok.

16:00 – 19:00 JST : Perjalanan pulang menuju Tokai. Perjalanan pulang kali ini lebih seru karena sepanjang perjalanan disajikan permainan Bingo dengan hadiah-hadiah yang menarik. Kami membawa pulang frame foto dan lilin batang. HAHAHA. 

Demikianlah ringkasan singkat one day trip kali ini. 

Kesimpulan

  • Bagi mereka yang sedang di Jepang dan mau ikut acara yang diadakan oleh pemerintah setempat seperti One Day Trip, ini adalah kesempatan yang menarik karena biaya yang dikeluarkan lebih murah.
  • Bisa mengunjungi banyak tempat dalam satu hari sangatlah menarik. Namun, bagi saya pribadi, saya kurang bisa menikmati karena waktu yang disediakan sangat terbatas. Menyenangkan namun kurang menikmati.
  • One day trip dengan membawa bayi menyebabkan kami tidak bisa mengikuti pergerakan peserta lain dengan lincah. Terkadang kami lebih banyak melewatkan tempat-tempat yang kami anggap tidak perlu dikunjungi sewaktu berada di kawasan TSURUGA CASTLE.

Tsuruga Castle

IMG_6559

Bersama rombongan baru tiba di Tsuruga Castle.

IMG_0245

Foto Bersama

 

Categories: Tempat Wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s