Dampak Tutupnya ‘STATION COM’ terhadap anggaran belanja rumah tangga

Abstrak

Belanja kebutuhan sehari-hari adalah hal yang biasa dilakukan oleh hampir setiap orang. Di Desa Tokai cukup banyak tersedia supermarket baik itu yang besar atau kecil untuk mendukung kehidupan warga desa. Station Com adalah satu dari beberapa supermarket yang ada disini. Lokasinya yang dapat ditempuh kurang lebih 3 menit dengan jalan kaki menjadikan supermarket ini pilihan utama kami. Namun, sejak seminggu terakhir, supermarket ini tutup tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Hal ini tentunya memberikan dampak khusus bagi kami “pelanggan setia” supermarket ini. Mau tahu dampaknya? Silahkan lanjutkan membacanya..hehehehe

Latar Belakang

Menurut saya, desa Tokai merupakan suatu desa yang saya anggap cukup maju dan berkembang. Bagaimana tidak, di desa ini cukup banyak supermarket, restoran, drug store, dll. Fokus cerita kali ini mengenai supermarket (kami di Jepang sering menyebutnya Supa). Di Tokai terdapat beberapa supa besar seperti AEON, KASUMI, FOOD OFF, STATION COM, YORK BENIMARU, YAMASHIN, serta supa-supa kecil lainnya. Dari semua supa tersebut, STATION COM lah yang jaraknya sangat dekat dari rumah. Kira-kira bisa ditempuh hanya 3 menit jalan kaki. Sedangkan supa yang lumayan jauh adalah KASUMI dan AEON yang ditempuh sekitar 15 menit jalan kaki.

Selain faktor jarak, ternyata STATION COM adalah supa yang paling murah terutama untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, daging, sayur, dsb.

Akan tetapi, sejak dua minggu terakhir supa ini tutup (semoga tidak tutup untuk selamanya..hahaha). Tutupnya supa ini tentunya memberikan dampak terhadap anggaran belanja rumah tangga kami. Melalui tulisan ini, saya akan berusaha menjabarkan dampak apa saja yang kami terima baik langsung maupun tidak langsung serta seberapa besar dampak yang diberikan terhadap anggaran belanja negara (ehh salah, anggaran belanja keluarga..haha)

Metodologi

Supaya perbandingan yang dihasilkan lebih akurat, maka metodologi yang akan digunakan adalah membandingkan antara barang-barang kebutuhan sehari-hari yang sudah sering dibeli oleh istri.

Kondisi sebelum tutupnya STATION COM

Hampir semua kebutuhan pokok maupun cemilan dan sejenisnya kami beli di supa ini. Gambaran kasarnya adalah untuk daging ayam 1 kg sekitar ¥500; beras 5kg (paling murah) ¥1.300; sayuran sekitar ¥90-150; daging sapi 500g sekitar ¥400; minuman kardus (1L) sekitar ¥100; cemilan (roti, kue, dll) bervariasi mulai dari ¥50 – 200.

Dengan harga seperti itu, biasanya istri akan menghabiskan sekitar ¥5.000/minggu untuk kebutuhan sehari-hari (tentunya tidak hanya membeli barang yang disebutkan diatas). Selain itu, kami tidak perlu melakukan penyimpanan (menyetok) bahan makanan karena STATION COM adalah “kulkas raksasa” kami. Dekatnya jarak ke rumah, membuat istri juga punya aktifitas membawa anak kami menikmati jalan pagi atau sore sembari mampir ke supa.

Selain STATION COM, kami juga menggunakan jasa supa lainnya seperti AEON, KASUMI, dan YORK BENIMARU karena untuk beberapa jenis barang, supa ini memberikan kualitas yang lebih baik (ikan, buah) serta ada toko roti (bakery) didalamnya.

Kondisi setelah tutupnya STATION COM

Untuk beberapa hari pertama, tutupnya STATION COM tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan. Untuk mengatasi hal tersebut, kami memilih untuk menggunakan jasa AEON karena kami sudah punya member card nya.

Untuk setiap pemegang member, setiap pembelanjaan senilai ¥ 200 bernilai sama dengan 1 poin (¥ 1) dan berlaku kelipatannya

Selain itu, lokasi AEON juga berdekatan dengan play center (Jidoukan) yang sering dikunjungi oleh istri dan Henokh.

Dua minggu berlalu, ternyata STATION COM masih tutup. Istri pun sudah merasakan ada yang berubah dengan anggaran belanja. Berdasarkan pengamatannya, ada kenaikan uang belanja mingguan sekitar ¥3.000 di minggu tersebut.

¥3.000 bisa dapat apa aja sih?

Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mengartikan ¥3.000. Sewaktu saya mahasiswa single, dengan nilai segitu saya bisa makan selama 2-3 hari. Dengan nilai yang sama, itu adalah harga sekali makan malam kami di TIARA (restoran italia paling enak di desa Tokai). Harga ¥3.000 bisa digunakan untuk tiket sekali jalan ke Tokyo dengan bus atau kereta lokal.

Kesimpulan

Semuanya tergantung kepada diri kita sendiri bagaimana mau menggunakan dan memanfaatkan uang yang ada.

Ternyata dampak ini tidak hanya bagi kami pribadi, beberapa teman yang tinggal di desa Tokai pun kaget dengan tutup mendadaknya STATION COM.

Demikianlah sedikit curhat dari istri saya. Dimana curhatnya saya curhatkan lagi ke dalam tulisan ini. Hehehe

 

IMG_7906IMG_7902IMG_7905IMG_7904

IMG_7903

Beberapa barang kebutuhan sehari-hari yang di jual di supermarket AEON

 

Categories: Lain-lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s