Tips Menikmati Keindahan Bunga Sakura

Kurang dari sebulan lagi, Jepang akan memasuki musim semi. Musim ini adalah salah satu musim terbaik di Jepang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Pastinya sudah banyak orang tahu bahwa alasan utama mengunjungi Jepang di musim ini adalah menikmati keindahan bunga sakura.

Bunga Sakura (Cherry Blossoms)

Bagi saya, bunga sakura sangatlah unik. Kemunculannya hanya sekali dalam setahun dengan durasi kurang dari satu minggu. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang ingin sekali menikmati keindahan sakura.

Kapan mekarnya bunga sakura?

Tidak ada yang bisa memastikan secara pasti tanggal mekarnya bunga sakura. Tetapi bunga ini akan mekar dari wilayah selatan Jepang menuju wilayah utara Jepang. Hal itu dikarenakan suhu udara diwilayah selatan yang lebih hangat dibandingkan wilayah utara. Berdasarkan pengalaman dan informasi yang tersedia dari website-website travel atau sejenisnya, bunga sakura biasanya akan mulai mekar sekitar tanggal 20an Maret hingga awal April untuk wilayah Tokyo dan sekitarnya. Bagi mereka yang akan liburan sekitar bulan Maret hingga awal April, ada baiknya mencari tahu tentang informasi ini. Sayangkan udah datang ke Jepang tapi tidak bisa melihat bunga sakura hanya karena selisih waktu dan tempat.

Tempat terbaik melihat sakura di Tokyo (versi penulis)

1. Tokyo Institute of Technology. Ini adalah kampus tempat saya menimba ilmu. Bukannya mau subjektif, tapi tidak diragukan lagi kalau ini adalah salah satu lokasi terbaik menikmati keindahan bunga sakura. Salah satu keunggulannya adalah tidak banyak orang tahu sehingga bisa menikmati keindahannya dengan lebih tenang.

IMG_2594

Hanami bersama rekan-rekan Obara lab di Tokyo Institute of Technology.

2. Nakameguro (Naka-meguro). Disini kalian bisa menikmati pemandangan bunga sakura di sepanjang aliran sungai meguro. Sebagai tempat paling terkenal di Jepang, maka tidak diragukan lagi akan banyaknya orang yang datang kesini. Saya pernah berkunjung kesini di tahun 2017 dan sangat banyak orang yang ingin menikmatinya. Hal ini bisa dilihat dari ramainya orang dari mulai stasiun Nakameguro hingga menuju lokasi hanami. Dikiri kanan jalan pun banyak tersedia penjual makanan ringan.

IMG_4488

Salah satu sudut penampakan bunga sakura di Naka Meguro.

3. Ueno Park. Taman ini juga salah satu tempat terbaik menyaksikan keindahan bunga sakura. Disisi lain, terlalu banyaknya orang yang datang kesini membuat saya merasa kesulitan untuk menikmatinya. Selain itu, pada saat kami kesana, banyak orang yang mabuk dan lumayan kotor akibat banyaknya sampah yang sembarangan dibuang sehingga semakin kurang bisa menikmatinya.

IMG_4436

Istri yang sedang berfose di tengah keramaian orang yang menikmati sakura di Ueno Park.

Hanami

Hanami adalah istilah dalam bahasa Jepang yang digunakan pada aktifitas menikmati keindahan bunga sakura.

Bagaimana sih aktifitas Hanami tersebut?

Kegiatan ini biasanya dilakukan secara rombongan. Dimana sesama teman atau keluarga berkunjung ke lokasi bunga sakura sambil membawa bekal untuk dimakan. Biasanya dilakukan di siang hari.

Apa yang butuh di bawa untuk aktifitas Hanami?

  • Tikar piknik. Digunakan sebagai alas duduk.
  • Makanan dan Minuman.
  • Plastik sampah.

Do and Do Not

  • Silahkan berfoto menikmati keindahan bunga sakura.
  • JANGAN memetik atau menggoyangkan batang pohon sakura agar hasil foto terlihat keren. Foto anda akan keren, tapi orang setelah anda tidak bisa menikmatinya lagi.
  • JAGA KEBERSIHAN dengan tidak meninggalkan sampah makanan setelah menikmatinya. Pada dasarnya, akan sulit menemukan tempat sampah. Itu artinya simpan sampah anda sampai anda menemukan tempat sampah. Kalau belum ketemu, maka bawa pulanglah sampahnya.
  • Pada tempat-tempat tertentu, ada kalanya terdapat tali pembatas di sekitar pohon. Itu artinya tidak perlu melewati pembatas tersebut. Apalagi berusaha untuk bermain lompa tali..Hehehe

Mungkin itu saja sekedar informasi dari saya. Semoga bisa menikmati keindahan bunga sakura.

Categories: Lain-lain, Tempat Wisata

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s