Ada apa dengan Cesium-137???

Sebelumnya di: Efek Radiasi Terhadap Kesehatan

Di dalam tulisan sebelumnya mengenai Efek Radiasi terhadap kesehatan, terdapat salah satu poin mengenai kadar radiasi yang dikandung tubuh pada saat terkena cesium.

Selain itu, masih terkait dengan berita tentang ditemukannya limbah radioaktif di perumahan BATAN INDAH, banyak disebutkan mengenai Cesium-137.

Apa sih Cesium-137 dan darimana diperoleh Cesium-137?

Cesium-137 (Cs-137)

Cs-137 adalah salah satu unsur radioaktif. Apabila kita mengingat kembali pelajaran kimia di bangku SMA, masih ingat dengan Tabel Periodik? Nah, Cesium terdapat di Golongan IA.

Darimana asal Cs-137?

Cs-137 berasal dari reaksi fisi nuklir. 

(saya berusaha menyederhanakan penjelasan mengenai reaksi fisi nuklir yaa)

Reaksi fisi nuklir terjadi di dalam reaktor nuklir. Bahan bakar yang pada umumnya digunakan di reaktor nuklir adalah Uranium Dioxide (UO2) atau untuk memudahkan kita sebut aja Uranium. Nah, Uranium tersebut menyerap neutron untuk memulai reaksi fisi nuklir. 

Saya mencoba dengan analogi minyak tanah dan korek api (pemantik) untuk menghasilkan api. Uranium kita analogikan sebagai minyak tanah dan neutron dianalogikan sebagai korek api. Ketika korek api dinyalakan dan bersentuhan dengan minyak tanah maka akan dihasilkan api. Begitu juga dengan neutron ketika bersentuhan ke uranium akan menghasilkan energi. 

Nah, ketika api yang dihasilkan oleh minyak tanah dan korek tersebut sudah mulai padam, maka kita bisa mencium aroma dari pembakaran tersebut dan korek api sudah berubah bentuk dari bentuk asalnya, biasanya berbentuk arang hitam seperti kayu yang dibakar.

Di dalam reaksi fisi nuklir, ketika neutron diserap oleh uranium maka akan menghasilkan banyak produk sampingan seperti Plutonium, Molybdenum, Xenon, Iodine, Cesium, dll. 

Apakah bentuk bahan bakar uranium di awal dan diakhir berubah? Secara fisik bentuk bahan bakarnya tidak mengalami perubahan tetapi komposisi material yang ada didalamnya mengalami perubahan.

Perhatikan gambar bentuk fisik bahan bakar nuklir dibawah.

Bahan bakar nuklir yang masih baru (belum digunakan) hanya mengandung Uranium. Tetapi, setelah ‘tugasnya’ di dalam reaktor nuklir telah selesai dan posisinya sekarang dikatagorikan sebagai bahan bakar bekas, maka bentuk fisiknya tidak mengalami perubahan. Hanya saja, material yang terdapat di dalam bahan bakar bekas ini tidak hanya uranium saja melainkan banyak produk sampingan yang dihasilkan dan Cesium-137 adalah salah satunya.

“Itulah sepintas tentang asal usul dari Cesium-137”

AREVA-NuFuel-HTP2-NuScale-300

Bentuk Fisik Bahan Bakar Nuklir (UO2) yang dipakai di dalam reaktor nuklir.

Semoga penjelasan ini bisa membantu (kalau masih kurang paham atau malah analogi saya yang salah atau kurang sesuai bisa silahkan tinggalkan di kolom komentar).

Apa kegunaan Cs-137?

Pasti akan ada pertanyaan, memangnya unsur radioaktif (yang berbahaya) ada gunanya? Ya, beberapa unsur radioaktif ternyata mempunyai manfaat, baik itu untuk penelitian, kesehatan maupun kegiatan industri.

Dalam hal ini mari kita lihat kegunaan Cs-137.

  • Cs-137 dapat digunakan untuk kalibrasi peralatan pendeteksi radiasi (seperti detector Geiger-Mueller).
  • Cs-137 dapat digunakan dalam perangkat kesehatan untuk mengobati kanker.
  • Cs-137 dapat industi dapat digunakan untuk mendeteksi aliran cairan melalui pipa, mengukur ketebalan material seperti kertas, lembaran logam dan photographic film.

Apakah Cs-137 berbahaya jika terpapar kedalam tubuh manusia?

Silahkan dilihat informasi mengenai kadar radiasi yang dikandung tubuh pada saat terkena cesium (klik disini)


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Selanjutnya di: Dimanakah Reaktor Nuklirnya berada?

Categories: Nuklir

2 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s