One Day Trip: Edo Wonderland ‘Desa Ninja’

Jepang adalah negara yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mulai dari perkembangan teknologi, budaya hingga beragam tempat wisata yang dikelola dengan sangat baik menjadikan negara ini banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi adalah Edo Wonderland yang terletak di Prefektur Tochigi. Edo Wonderland adalah sebuah theme park yang didesain sesuai dengan kebudayaan pada periode Edo. Banyak atraksi yang ditampilkan mulai dari atraksi rumah ninja, labirin, bermain panah, berpakaian layaknya di mana Edo dan masih banyak atraksi dan permainan yang bisa dinikmati sepanjang hari.

Berikut ini adalah pengalaman saya, istri dan teman-teman lainnya pergi berpetualang ke zaman Edo pada liburan Golden Week. Tentu saja bukan di tahun 2020.

IMG_0741

Liburan Golden Week bersama mereka.

 

Akses

Dari Tokyo menuju Edo Wonderland di daerah Nikko, Tochigi membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kereta.

Kami berangkat dari Tobu Asakusa Station dan turun di Kinugawa-Onsen Station. Selanjutnya, menggunakan bus dari kurang lebih 15 menit menuju Edo Wonderland. Selain bus bisa juga menggunakan taksi, terutama kalau jadwal bus sudah kelewatan. Rute yang sama juga yang nantinya digunakan sewaktu kembali ke Tokyo.

Saat itu, kami menggunakan taksi dari Edo Wonderland ke Kinugawa-Onsen Station karena hendak mengejar jadwal kereta dari Kinugawa-Onsen menuju Tobu Asakusa.

Alamat : 〒321-2524 Tochigi Prefecture, Nikko City, Karakura 470-2

Two Days Pass

Saat itu, kami menggunakan two days pass karena lebih menguntungkan dimana biaya tersebut sudah termasuk tiket kereta pulang pergi dan tiket masuk ke Edo Wonderland serta Tobu World Square (akan dibahas dilain tulisan).

Alasan utama kenapa memilih yang two days pass karena daerah Nikko terkenal cukup banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan satu hari saja tidak cukup. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak ingin menginap dan hanya ingin mengunjungi satu tempat saja tetap bisa menggunakan one day pass atau bisa menggunakan jalur reguler dimana tiket kereta dan tiket masuk Edo Wonderland dibeli terpisah.

Saat itu kami membeli tiket two days pass nya di counter ticket yang ada di Tobu Asakusa Stasiun pada hari H-1. Sebenarnya bisa juga membeli pada hari H tapi harus menunggu counter buka terlebih dahulu. Selain itu bisa juga membeli tiketnya secara online.

Silahkan klik link berikut untuk informasi lebih lengkap. Mungkin ada perubahan harga dari tahun sebelumnya, sehingga saya tidak mencantumkan harga.

https://tobutoptours.com/en/nikko-city-area-and-themeparkpass.html

One day trip

Liburan di saat liburan panjang ‘Golden Week‘ merupakan pengalaman yang luar biasa menyenangkan. Salah satunya adalah penumpang kereta yang luar biasa banyak menuju tempat-tempat wisata.

Demi menghindari antrian khususnya di tempat wisata, kami pun berencana berangkat sekitar jam 7 pagi dari Tobu Asakusa Station sehingga bisa tiba di Edo Wonderland sekitar jam 9:30an.

Hal yang perlu dipersiapkan selama perjalanan di kereta adalah minuman dan makanan. Di Jepang, hampir semua convenience store (konbini) menjual bento yang bisa dinikmati secara praktis.

Pastikan tetap menjaga kebersihan kereta setelah makan dengan menyimpan kembali sampah makanan anda. Kami membawa sampah makanan tersebut hingga tiba di stasiun tujuan, Kinugawa-Onsen Station.

Sepanjang perjalanan, tidak banyak aktifitas yang kami lakukan selain ngobrol dan tidur. Tentu saja rasa kantuk ini disebabkan karena bangun yang terlalu cepat di pagi hari. Hehehe.

Kinugawa-Onsen Station

Udara pegunungan yang sejuk dan cuaca yang cerah di bulan Mei menyambut kedatangan kami di Nikko. Terdapat banyak toko souvenir yang menyajikan oleh-oleh khas daerah ini. Sambil menunggu bus, kami pun menikmati berkeliling di seputaran stasiun. Tidak butuh waktu lama untuk menunggu kedatangan bus di pagi hari.

Saya lupa apakah tiket pass kami sudah termasuk ongkos bus menuju Edo Wonderland.

Edo Wonderland

Nuansa Jepang ala Jaman Edo sudah langsung terasa begitu kami sampai di pintu masuk Edo Wonderland. Tentunya kami ke loket tiket dulu untuk menukarkan tiket pass.

Di seberang loket penjualan tiket terdapat coin locker yang berfungsi untuk menyimpan barang bawaan yang tidak perlu dibawa masuk ke dalam. Kami memanfaatkan loker tersebut untuk menyimpan semua tas yang kami bawa agar meringankan beban selama mengikuti permainan didalam.

IMG_0750

Menikmati taman-taman yang ada di dalam Edo Wonderland.

Berpakaian ala zaman Edo

Hal pertama yang dijumpai di sekitar pintu masuk adalah bangunan yang menyediakan penyewaan pakaian ala zaman Edo. Banyak pilihan pakaian yang disediakan mulai dari pakaian ninja, samurai, princess, lord, polisi dll.

Tentu saja kita dibantu oleh staf dalam mengenakan pakaian tersebut. Selain itu ada tambahan biaya yang dikeluarkan untuk menyewa pakaian tersebut.

Brosur dan Jadwal Pertunjukan

Hal penting lainnya yang akan kita peroleh dari staf di bagian penjualan tiket adalah brosur dan jadwal pertunjukan.

Brosur Edo Wonderland ini akan memberikan petunjuk semua jenis pertunjukan yang ada di dalam area tersebut. Selain itu, jadwal pertunjukan memudahkan kita untuk mengetahui jam dimulainya sebuah pertunjukan hingga berapa lama durasi yang dibutuhkan untuk menonton pertunjukan tersebut.

Karena banyak permainan dan pertunjukan yang bisa dinikmati, saya berusaha merangkum beberapa pertunjukan yang kami nikmati sepanjang hari kedalam dua bagian yaitu: pertunjukan indoor yang mempunyai jadwal pertunjukan dan pertunjukan indoor maupun outdoor yang bisa dinikmati kapan saja.

Pertunjukan indoor berjadwal

Ninja Karasu Goten

Karena Edo Wonderland terkenal dengan desa ninjanya, maka tidak salah jika kami memprioritaskan untuk menikmati pertunjukan ninja terlebih dahulu. Disini kita akan masuk ke dalam sebuah rumah jepang dan menikmati pertunjukan bagaimana para ninja beraksi dengan menggunakan kemampuan bertarung, menghilang, bersembunyi, hingga muncul lagi dari tempat yang tidak kita terduga.

Suasana ruangan ini akan dibuat gelap dan tentu saja tidak boleh merekam atau mengambil foto saat pertunjukan dimulai.

Posisi duduk akan sangat menentukan ketegangan sewaktu menonton pertunjukan ini karena bisa saja ninjanya muncul disebelah kita.

Cukup ya spoilernya. Silahkan berkunjung kalau mau melihat keseruannya secara langsung.

 

Pertunjukan ninja lagi (lupa namanya..hehehe)

Ada juga bangunan lain yang menyajikan pertunjukan ninja lainnya. Kali ini pertunjukannya di ruangan yang besar dan tema yang dimainkan pun cukup beragam. Kalau di poin 1 menunjukan kehebatan pertarungan ninja di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan jebakan dan tempat persembunyian. Kali ini temanya lebih kepada pertarungan ninja di alam terbuka.

Kedua pertunjukan ini masih menjadi favorit penulis. Kalau kesana lagi pasti wajib menonton atraksi ini lagi.

Mizugei-za (Permainan air)

Di tempat lainnya, ada juga atraksi permainan air yang sangat luar biasa dimainkan. Permainan air yang disertai oleh kemampuan para aktor dan artis panggung ini membuat seolah-olah air ini bisa dikontrol oleh mereka. Ditambah lagi adanya permainan lampu membuat pertunjukan ini menjadi sangat luar biasa.

IMG_0788

Salah satu atraksi yang bisa dinikmati di Edo Wonderland.

Pertunjukan Drama

Salah satu pertunjukan lainnya adalah drama panggung yang menyajikan cerita tentang kehidupan pada masa Edo. Cukup menarik untuk menonton drama tersebut karena diselingi dengan humor-humor lucu. Walaupun semua aksinya disajikan dalam Bahasa Jepang, tapi bagi mereka yang tidak mengerti Bahasa Jepang masih bisa menikmati juga.

Parade Jalanan.

Parade di jalanan dimana para aktor dan artis menggunakan pakaian zaman Edo merupakan salah satu hal menarik lainnya. Tentu saja bagi para photographer ini menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa mengabadikannya.

 

Pertunjukan indoor dan outdoor tidak berjadwal

Karakuri Ninja Maze

Ini adalah permainan mencari jalan keluar. Kita akan masuk ke dalam labirin dan berusaha mencari jalan keluarnya. Labirin ini penuh trik, jadi perhatikan dengan seksama ketika anda berjalan. Bisa jadi jalan keluar ada disebelah anda.

Kai kai Ninja House

Ini adalah sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat ninja berlatih. Secara kasat mata tidak ada yang aneh dari rumah tersebut begitu juga didalamnya. Tapi, ketika kami masuk kedalam, ternyata sungguh luar biasa menakjubkan. Apa yang terlihat datar belum tentu datar, bisa jadi tanjakan atau bahkan turunan.

IMG_0777

Permainan di Kai kai Ninja House. Asli pusing dan mual keluar dari rumah ini.

 

Jigoku Temple

Kalau anda berpikir ini adalah sebuah kuil biasa maka itu salah besar karena sebenarnya ini adalah semacam rumah hantu. Silahkan bagi yang mau mencoba merasakan sensani hantu-hantu Jepang. Tenang aja, didalam tidak dijumpai hantu Indonesia. Jadi, kalau ada yang melihat hantu Indonesia itu artinya anda melihat penampakan beneran. Hehehe

Ninja Experience

Di Edo Wonderland ditawarkan juga permainan yang menggunakan senjata-senjata ninja salah satunya bagaimana teknik melempar Shuriken, itu loh senjata ninja yang berbentuk seperti bintang.

Masih banyak lagi pertunjukan baik itu indoor maupun outdoor yang bisa dinikmati. Yang disebutkan diatas adalah sebagian dari tempat-tempat favorit yang saya kunjungi.

Makan Siang

Karena kita sedang berada di dalam kawasan semacam theme park maka akan sulit rasanya mencari makan siang diluar area Edo Wonderland. Terdapat beberapa macam jenis makanan yang disediakan mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat. Berikut beberapa jenis makanan yang tersedia: Ramen, Udon, Yakiniku, Nasi kare, ayam goreng ‘karaage’, Sate ‘yakitori’, dll.

Harga makanan yang ditawarkan juga bervariatif tetapi masih masuk akal. Menurut saya, salah satu kelebihan Jepang dibidang pariwisata adalah menjaga harga makanan di daerah wisata dengan cukup rasional sehingga tidak membuat pengunjung berpikiran kalau makan di tempat wisata itu harganya mahal.

Pulang

Tidak terasa sudah hampir pukul 5 sore dimana jam operasional Edo Wonderland akan segera berakhir di hari tersebut. Karena ini adalah two days trip, kami pun menginap di hotel yang berada di sekitar Kinugawa-Onsen Station. Yang menarik adalah tidak banyak toko atau restoran yang buka dimalam hari. Kami pun membeli makan malam di convenience store yang ada di dekat stasiun.

Saatnya beristirahat sebelum melanjutkan petualangan ke tempat lainnya di keesokan harinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s