Pengalaman Tinggal di Desa Tokai Jepang (4)

Tokaimura Total Gymnastics.

Fasilitas Olahraga

Salah satu yang membuat betah tinggal di Desa Tokai adalah tersedianya berbagai macam fasilitas olahraga. Baik itu fasilitas yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Hal yang membedakannya adalah biaya sewa. Tentu saja yang dikelola oleh pemerintah jauh lebih murah biaya sewanya.

Advertisements

1. Tokaimura Total Gymnastics

Gedung olahraga serba guna ini terletak sekitar 1.5 km dari stasiun Tokai. Gedung ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terdapat beberapa ruangan besar yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan olahraga. Main court dapat digunakan untuk bermain basket, voli, badminton ataupun kegiatan lainnya. Selain itu terdapat juga beberapa lapangan indoor yang digunakan untuk kegiatan Judo/Kendo maupun Kyudo (Seni bela diri panahan).

Untuk harga sewanya sendiri cukup bervariasi. Berdasarkan pengalaman saya, harga sewanya sekitar ¥ 300 untuk menyewa main court (bermain badminton) dengan durasi sekitar 3 jam. Harga sewa ini cukup terbilang murah dibandingkan ketika menyewa lapangan badminton yang dikelola oleh pihak swasta.

Untuk lantai dua, terdapat training room yang biasanya digunakan untuk nge-gym. Fasilitas yang terdapat di tempat nge-gym sendiri bisa dibilang cukup lengkap. Harga tiket untuk bisa menggunakan training room adalah ¥100. Dengan harga yang sangat murah ini, anda bisa berolahraga sepuasnya.

Beberapa fasilitas tambahan yang dapat digunakan secara gratis di gedung ini:

  1. Shower room. Shower room ini berada di lantai 1. Jadi, sehabis berolahraga dapat langsung membersihkan diri di kamar mandi yang telah tersedia. Penggunaan shower ini tidak dikenakan biaya sama sekali.
  2. Locker. Terdapat beberapa (cukup banyak) locker yang terdapat di lantai 2 dan bisa digunakan secara gratis.
  3. Vending machine. Terdapat mesin minuman otomatis yang berada di lantai 1. Tentunya minuman yang tersedia di vending machine ini tidak gratis. Hehehe.

Tokaimura Total Gymnasium

BUKA: 09:00 – 21:30 JST dan 09:00 – 18:30 JST (Hari Minggu dan hari libur).

TUTUP: Hari Senin (Hari Selasa tutup apabila hari Senin terdapat libur nasional), 28 Des – 3 Jan (Libur Akhir dan Awal Tahun).

Berdasarkan pengalaman saya, hari Sabtu dan Minggu siang Gymnasium ini cukup ramai oleh anak-anak sekolah yang mengikuti kegiatan olahraga dari sekolahnya. Sedangkan untuk training room sendiri cukup ramai di malam hari sekitar jam 7 malam.

Advertisements

2. Swimming Plaza

Tepat disebelah Tokaimura Total Gymnasium, terdapat juga kolam renang umum yang dikelola oleh pemerintah. Akan tetapi, kolam renang ini terdapat diluar (outdoor) sehingga tidak bisa beroperasi sepanjang tahun (siapa juga yang mau berenang diluar pada saat musim dingin atau musim gugur..hehe).

Kolam renang yang berada tepat disebelah Tokaimura Total Gymnastics.

Harga tiket sendiri sekitar ¥200 untuk anak SMP maupun orang dewasa, untuk anak SD sekitar ¥100, dan untuk bayi tidak dikenakan biaya (tapi harus ada pendamping).

Swimming pool

1 – 19 Juli dan 21 Agustus – 10 September : 09:00 – 16:00 JST.

20 Juli – 20 Agustus : 09:00 – 19:00 JST.

Karena ini merupakan kolam renang outdoor, maka jam operasional bisa berubah tergantung kondisi cuaca. Selain itu kolam renang akan ditutup sementara untuk perawatan maupun pemeliharan setiap jam 12:00 – 13:00 dan 16:00 – 17:00 JST.

Kedua fasilitas olahraga tersebut hanyalah sedikit fasilitas yang ada di Desa Tokai. Selain itu masih ada kegiatan olahraga lainnya yang diadakan oleh komunitas maupun pemerintah setempat.

How I met your mother (1)

Episode 1 Januari 2010 Cerita ini berlatar belakang sekitar 10 tahun yang lalu. Setelah menghabiskan liburan semester ganjil di Brastagi (Sumatera Utara), saatnya di awal Januari saya harus kembali lagi […]

Sabtu Ceria di Desa Nuklir

Tokai si Desa Nuklir Boleh lah saya saya membuat judul seperti itu. Apakah sebuah clickbait? Bagi saya sih tidak karena sesungguhnya di Desa Tokai memang terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), […]

“One Day Trip” Hokkaido

Pada bulan September 2017 yang lalu, saya berkesempatan mengikuti conference di bidang nuklir yang diadakan di Hokkaido University. “Hokkaido University terletak di Pulau Hokkaido. Pulau Hokkaido adalah pulau terbesar kedua […]

Main tebak-tebakan yuk..

Hingga saat ini dibeberapa daerah banyak diterapkan WFH. Mari mengisi waktu luang dengan bermain tebak-tebakan yang sederhana. Ini ada satu tebak-tebakan yang sudah lama tapi sampai sekarang belum ada yang […]

Categories: Desa Tokai, Tentang Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s