‘New Normal’ Perpustakan di Desa Tokai Jepang.

Perpustakan Desa Tokai

Sepertinya sudah cukup lama Henokh dan Maminya tidak berkunjung ke perpustakan. Hal ini tentunya disebabkan karena merebaknya pandemi COVID-19 dan ditutupnya hampir semua fasilitas umum yang ada di Desa Tokai termasuk perpustakaan.

Sejak dilepasnya emergency state beberapa minggu lalu, Mami Henokh berencana untuk mengunjungi perpustakan karena persediaan buku bacaan baik itu untuk Henokh maupun mami Henokh sudah mulai menipis. Hari ini, mereka memutuskan untuk pergi kesana sekaligus singgah ke supermarket untuk belanja harian. Sedangkan saya, tetap tinggal di rumah karena memang hari ini adalah hari kerja dan saya masih melanjutkan work from home (WFH). Kenapa masih WFH walaupun sudah selesai emergency state mungkin akan saya ceritakan pada tulisan lainnya.

Sepulang dari perjalanan jauh mereka, mami Henokh pun menceritakan bahwa ada perubahan di perpustakan terkait dengan ‘new normal’ dan dalam rangka mengurangi interaksi dan jarak antar pengunjung.

Advertisements

Berikut saya coba jabarkan beberapa hal yang berubah sebelum dan sesudah adanya COVID-19.

  • Sesampainya di pintu masuk, sudah disambut oleh petugas perpustakan. Wajib menunjukkan kartu anggota dan mengisi formulir. Selanjutnya, petugas akan memberikan nomor antrian.
  • Terdapat pembatasan jumlah pengunjung yang bisa masuk ke perpustakan dalam waktu yang bersamaan.
  • Apabila jumlah yang berada di dalam perpustakan sudah mencapai batas maksimum, maka pengunjung lainnya dipersilahkan menunggu di ruang tunggu yang tentunya diatur posisi duduknya sehingga mempunyai jarak yang cukup.
  • Waktu berkunjung di dalam perpustakan dibatasi maksimal 1 jam.
  • Area yang biasanya dipakai untuk duduk sambil membaca di dalam perpustakan, saat ini belum bisa dipergunakan.
  • Beberapa lorong tempat bacaan juga ditutup untuk saat ini.

Demikian sekilas informasi terbaru mengenai kondisi perpustakaan di Desa Tokai saat ini.

Sabtu Ceria di Desa Nuklir

Tokai si Desa Nuklir Boleh lah saya saya membuat judul seperti itu. Apakah sebuah clickbait? Bagi saya sih tidak karena sesungguhnya di Desa Tokai memang terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), […]

Musim di Jepang

Penulis: Irwan Liapto Simanullang Jepang merupakan negara yang terletak di daerah subtropis. Pada umumnya negara yang terletak di zona subtropis mempunyai empat musim selama satu tahun. Keempat musim tersebut yaitu: […]

“One Day Trip” Fukushima

Salah satu keuntungan yang kami dapatkan sejak tinggal di desa Tokai adalah program “One Day Trip” bagi warga asing. Program ini diselenggarakan oleh Tokai International Association. Program ini diadakan 2x dalam […]

Categories: Desa Tokai, Tentang Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s