Pengalaman Tinggal di Desa Tokai Jepang (5)

Tokaimura Welfare Center “Kizuna”

Tokaimura Welfare Center “KIZUNA”

Setelah di cerita sebelumnya, saya telah berbagi beberapa fasilitas olahraga yang pernah saya gunakan selama tinggal di Desa Tokai, kali ini saya mau membagikan salah satu fasilitas yang kami manfaatkan sejak masa kehamilan istri hingga saat ini. Fasilitas tersebut adalah Tokaimura Welfare Center ‘Kizuna’.

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah mengetahui kehamilan istri yang ditunjukan dengan bukti resmi dari rumah sakit atau klinik adalah membawa bukti kehamilan tersebut ke kantor desa untuk mendapatkan bantuan biaya melahirkan sebesar ¥420.000.

Baca juga: Cara memperoleh berbagai tunjangan dari Pemerintah Jepang untuk Ibu Hamil.

Advertisements

Ternyata, pengurusan hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan, ibu dan anak, tidak dilakukan di kantor desa melainkan di KIZUNA.

Beberapa aktifitas dan fasilitas yang didapatkan istri semasa kehamilan di KIZUNA:

  1. Pengurusan bantuan melahirkan serta voucher pemeriksaan rutin. Karena ini pengalaman pertama kami dan sempat salah lokasi pengurusan, tetapi staf yang ada di kantor desa berbaik hati membantu menghubungi pihak KIZUNA untuk melakukan reservasi.
  2. Konsultasi semasa kehamilan. Salah satu yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil adalah konsultasi mengenai kondisi kesehatan ibu dan calon anak. Nah, di Kizuna menyediakan jasa tersebut dan tidak dipungut biaya sama sekali.
  3. Kelas memasak. Para ibu hamil juga diberikan arahan mengenai makanan yang sehat untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Disini istri cukup terbantu karena bisa mendengarkan serta mempraktekkannya secara langsung.
  4. Belajar memandikan bayi. Salah satu kekhawatiran bagi orang tua baru adalah bagaimana cara memandikan bayi. Apalagi bayi yang lahir dimusim dingin, kapan dan berapa suhu air yang nyaman bagi bayi tersebut. Siapa yang bertugas memandikan bayi di masa awal setelah melahirkan? Nah, semua pertanyaan diatas dijawab ketika mengikuti kelas ini. Salah satunya adalah peran seorang ayah yang bertugas memandikan bayi karena bisa jadi si ibu masih dalam kondisi yang belum fit.
Salah satu kegiatan yang diikuti istri yaitu kelas memasak.

Beberapa aktifias dan fasilitas yang dilakukan istri setelah melahirkan di KIZUNA:

  1. Check up rutin. Ada beberapa checkup yang rutin yang bisa dilakukan di Kizuna. Hal ini seperti melakukan pemeriksaan berat badan, tinggi bayi dan juga konsultasi.
  2. Postpartum depression and baby blues. Salah satu hal yang terus diingatkan oleh staf yang ada di Kizuna adalah mengenai postpartum depression dan baby blues. Karena kami hanya berdua saja di Desa Tokai maka suami pun berperan untuk membantu istri apabila melihat tanda-tanda terjadinya kedua gejala tersebut. Selain itu, KIZUNA memberikan fasilitas konsultasi secara gratis untuk meringankan beban para orangtua khususnya ibu yang baru mempunyai bayi.
  3. Play Center. Di Kizuna juga disediakan taman bermain untuk balita baik itu indoor maupun outdoor. Bagi kami, taman bermain ini cukup penting karena disini anak-anak belajar berbagi mainan yang ada disana. Selain itu, anak kami, Henokh, bisa bertemu dan berinteraksi dengan anak-anak lain yang seumuran dengan dia.
Halaman depan Kizuna yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar bermain maupun bersantai.

Bahasa bukan jadi kendala!

Salah satu hal yang saat ini menghambat komunikasi adalah bahasa. Akan tetapi, petugas di Kizuna akan menyediakan fasilitas yaitu penerjemah dari Bahasa Jepang ke Bahasa Inggris yang sangat membantu kami ketika berkonsultasi. Tenang saja, fasilitas penerjemah ini diberikan secara gratis tetapi kita harus membuat janji terlebih dahulu.

Bazaar Perlengkapan Bayi

Sudah menjadi hal umum kalau di Jepang banyak orang yang memanfaatkan toko barang bekas untuk membeli barang keperluan sehari-hari mulai dari perlengkapan dapur, laundry, pakaian, hingga perlengkapan atau mainan bayi.

Advertisements

Salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Kizuna setiap tahunnya adalah bazaar barang-barang seperti buku anak, pakaian, stroller, hingga perlengkapan bayi lainnya. Setiap orang khususnya masyarakat Desa Tokai yang mau ikut berpartisipasi baik dalam hal menyumbangkan barang yang layak pakai ataupun sekedar ingin membeli barang bazaar tersebut bisa meramaikan kegiatan ini. Harga kupon bazaarnya pun cukup murah sekitar ¥100 hingga ¥500.

Hampir semua barang-barang bisa dibeli secara langsung dengan kupon seperti buku anak, pakaian anak, dll. Akan tetapi, untuk beberapa item seperti stroller, baby car seat, mainan anak dapat diperoleh melalui undian.

Lokasi dan Akses

Kizuna masih terletak di Desa Tokai akan tetapi lokasinya cukup tersembunyi karena diapit oleh hutan-hutan desa.

Alamat: 〒319-1112 茨城県那珂郡東海村大字村松2005

Karena jarak dari rumah ke Kizuna sekitar 3 km dan cukup jauh untuk ditempuh dengan jalan kaki selama masa kehamilan maka kami memanfaatkan fasilitas taksi desa, Ainori-kun, yang cukup murah dengan biaya sekitar ¥100 untuk ibu hamil sekali jalan. Akan tetapi tidak jarang juga istri mengajak anak kami ke Kizuna dengan berjalan kaki sambil membawa stroller bayi.

Categories: Desa Tokai, Tentang Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s