Pengalaman Tinggal di Desa Tokai Jepang (6)

Tokai Culture Center.

Kelas Bahasa Jepang

Hal menarik ketika tinggal di Jepang adalah tersedianya kelas volunter bahasa Jepang. Sewaktu kami tinggal di Miyamae, Kawasaki, istri sangat aktif untuk ikut belajar bahasa Jepang melalui kelas volunter ini. Hal ini karena biaya yang dikeluarkan cukup murah yaitu sekitar ¥500 per tahun (kalau tidak salah). Harga yang ditetapkan ditiap daerah mungkin sedikit berbeda tetapi masih dalam katagori yang cukup murah. Pada umumnya, kelas bahasa ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan atau di Community Center yang ada di daerah tersebut.

Ketika kami pindah ke Desa Tokai, justru kami menemukan lebih banyak organisasi yang menyediakan kelas bahasa Jepang secara volunter. Seperti apa sih Desa Tokai ini sampai banyak mengadakan kelas volunter bahasa Jepang? Apakah banyak orang asing di Desa Tokai? Nantikan cerita tentang Desa Tokai ini di cerita-cerita selanjutnya ya. Saat ini kita fokus tentang kelas bahasa Jepang saja.

Di Desa Tokai sendiri, kami mengikuti kelas bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh Tokai Volunteer Japanese Language School.

Advertisements

Tokai Volunteer Japanese Language School

Kelas bahasa ini diselenggarakan setiap Hari Sabtu, pukul 10:00 -12:00 JST. Biaya untuk satu kali pertemuan sebesar ¥250. Biaya ini sudah termasuk dengan cemilan ringan yang bisa dinikmati sewaktu jam istirahat.

Untuk siswa yang baru pertama kali belajar bahasa Jepang, maka buku Minna No Nihonggo 1 adalah buku yang akan digunakan. Buku ini tersedia di toko buku, perpustakan Tokai hingga toko online serba ada, Amazon.

Pada umumnya, sistem belajar yang digunakan seperti kelas private dimana satu orang murid diajari oleh seorang guru.

Salah satu hal menarik khususnya untuk Tokai Volunteer Japanese Language School ini adalah boleh membawa bayi. Selain itu, ruangan belajar yang dipisah bagi mereka yang membawa anaknya sehingga tidak mengganggu siswa lainnya.

Selain mendapatkan ilmu bahasa Jepang, hal penting lainnya adalah menambah komunitas. Dengan mengikuti kelas ini, kami merasa seperti mempunyai keluarga terutama dengan guru (sensei) yang mengajari kami.

Pernah beberapa kali, kami dibantu oleh Sensei pada saat hendak ke rumah sakit ketika istri sedang hamil. Bahkan pernah diantar ke salah satu toko baju bayi pada saat kami hendak mempersiapkan perlengkapan bayi.

Aktifitas di luar Kelas

Selain kegiatan belajar yang dilaksanakan di dalam kelas setiap minggunya, ada juga acara rutin setiap tahun yaitu: Field Trip dan Speech Contest. Tahun 2019 yang lalu, kami berpartisipasi dalam kedua acara tersebut.

Berpartisipasi dalam Japanese Speech Contest 2019 yang diselenggarakan di Desa Tokai

Cerita mengenai kegiatan tersebut bisa dibaca disini: “One Day Trip” Fukushima

Rindu kelas Volunteer

Akibat merebaknya pandemi COVID-19, kelas volunter untuk saat ini masih ditiadakan sejak bulan Maret 2020. Semoga saja pada saat kondisi sudah membaik, kelas ini dapat berjalan kembali. Terlebih lagi, semoga para guru serta murid-murid lainnya dalam kondisi sehat selalu.

Beberapa Kelas Volunter Bahasa Jepang di Desa Tokai

Siapa tahu nanti ada yang berencana tinggal di Desa Tokai, berikut saya lampirkan beberapa nama organisasi yang mengorganisir kelas bahasa Jepang:

  1. TOKAI JLT.
  2. Tokai Volunteer Japanese Language School.
  3. TIC Japanese Class.

Ketiga organisasi ini menyediakan kelas dengan hari dan jam yang berbeda. Ada yang menyediakan kelas pada hari Selasa malam, ada juga di Sabtu pagi, dan ada juga di Minggu siang. Silahkan memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


“One Day Trip” ke Oarai-machi

Jepang adalah salah satu negara yang sangat menarik untuk didatangi baik sekedar berwisata, menuntut ilmu atau bahkan bekerja. Untuk wisata tentunya kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka masih menjadi […]

How I met your mother (5)

Sebelumnya di: Episode 4: How I met your mother (4) Episode 5: Terpesona Hari Minggu di bulan Maret. Kejadian ini hanya berselang beberapa hari sejak kedatangan Andi ke kos. Entah kenapa […]

Categories: Desa Tokai, Tentang Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s